inilah Ciri-ciri Murai Batu Thailand yang Perlu Kamu Ketahui




Burung murai batu adalah salah satu jenis burung kicau yang sudah dikenal dikalangan masyarakat. Burung ini memiliki bentuk yang gagah dan suara kicauan yang merdu. Tidak heran jika harga burung murai lebih mahal dari jenis burung lainnya, apalagi burung murai batu medan.

Tapi bagaimana dengan murai batu Thailand, apakah anda sudah pernah mendengarnya? Ya, kebanyakan orang mungkin jarang atau bahkan belum pernah mendengar tentang murai batu Thailand, padahal burung ini sudah mulai banyak di Indonesia.

Burung murai batu Thailand banyak ditemukan di negara malaysia yang berbatasan langsung dengan Thailand. Bentuk tubuh burung ini tergolong kecil dan memiliki ekor yang panjang berkisar antara 34-38 cm.

Berbeda dengan burung murai batu medan yang aktif beraktifitas, justru burung murai batu Thailand malas bergerak dan malas beraktifitas, serta lebih memilih untuk banyak bertengger di atas pohon. Rasa malas bergerak murai batu Thailand ini mungkin disebabkan karena badannya yang kecil harus menahan beban yang diakibatkan ekornya yang sangat panjang.

Ciri-ciri Murai Batu Thailand

Murai batu Thailand memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis murai batu lainnya. Ciri-ciri tersebut antara lain:

1.Bentuk tubuh yang kecil
Bentuk tubuh murai batu Thailand lebih kecil daripada murai batu yang ada di Indonesia. Bentuk tubuhnya agak membulat dan indah dipandang mata. Saat ini sudah banyak para peternak burung murai yang mencari-cari burung ini untuk diternakkan karena penasaran dengan berbagai cerita yang menyebutkan keindahan bentuk fisik murai batu Thailand ini.

2.Bentuk ekor yang panjang
Burung murai batu Thailand memiliki bentuk ekor yang panjang, berkisar antara 34-38 cm.  Bentuk ekornya lebih panjang dari burung murai di Indonesia dan Malaysia. Bentuk ekor yang panjang ini menjadikan tampilan murai batu ini terlihat lebih indah dan menawan.

2.Warna bulu
Warna bulu murai batu Thailand sangat berbeda dengan warna bulu pada murai batu yang ada di Indonesia dan Malaysia. Sebab, warna bulu murai batu Thailand di bagian punggung dan sayap berwarna biru tua sedikit kehitaman, sedangkan pada bagian ekor dan kepalanya berwarna hitam pekat.
Karena bentuk tubuhnya yang indah dan terlihat eksotis inilah sehingga burung murai batu Thailand tidak diperlombakan sebagaimana halnya burung murai batu yang ada di Indonesia. Karena, pada umumnya masyarat di negara Thailand lebih memilih untuk menjadikan murai batu Thaliland ini sebagai burung hias yang dianggap memiliki nilai seni yang tinggi.

Penasaran dengan burung murai batu Thailand ini? Jangan khawatir, sebab saat ini murai batu Thailand sudah mulai banyak dijual oleh para pedagang burung murai di Indonesia. Tapi, agar anda terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum penjual yang tidak bertanggung jawab, pastikan anda mengetahui betul ciri-ciri murai batu Thailand asli seperti yang telah dijelaskan di atas agar anda tidak salah beli.