Cara Merawat Kenari Mabung agar Cepat Selesai


Setiap burung kenari yang normal pasti akan melalui sebuah proses dimana bulu-bulu di kepala dan tubuhnya berguguran. Proses tersebut disebut dengan malting atau mabung. Selama proses ini, kenari akan merasa lemah, malas berkicau dan beraktifitas.

Oleh karena itu, termasuk kesalahan yang sering dilakukan khususnya oleh peternak pemula adalah memaksakan kenari untuk tetap beraktifitas dan berkicau dalam keadaan mabung, dengan cara meminumkan doping dan zat-zat lainnya yang bisa mendongkrak tenaganya.

Di sinilah letak pentingnya mengetahui cara merawat kenari mabung agar cepat selesai dengan benar agar kesalahan seperti itu tidak terjadi dan bulu-bulu kenari bisa tumbuh secepatnya. sehingga kenari bisa kembali beraktifitas dan berkicau. Selain itu, tentunya diharapkan kicauan kenari sama seperti sebelumnya bahkan bisa lebih merdu.

4 Cara merawat Kenari Mabung

1.mengangin-anginkan kenari
Salah satu cara merawat kenari mabung agar cepat selesai dengan benar adalah dengan mengangin-anginkan kenari. Caranya adalah dengan meletakkan sangkar kenari di tempat yang terbuka tapi tidak langsung terkena sinar matahari. Sebab, pada saat kenari mabung tidak membutuhkan asupan cahaya matahari pada tubuhnya.

2.Jangan memandikan kenari
Pada saat kenari mabung, jangan sekali-kali mencoba untuk memandikannya. Sebab, proses perontokan bulu-bulu kenari mabung akan terhambat ketika dimandikan. Nanti ketika proses pertumbuhan bulu-bulunya sudah kembali barulah boleh dimandikan. Ini adalah salah satu cara merawat kenari mabung agar cepat selesai yang perlu diperhatikan.

3.Memberikan pakan yang tepat
Ketika kenari mabung, pastikan untuk memberikan pakan yang tepat, yaitu makanan yang kaya akan protein karatin yang tidak boleh melebihi kadar 30%. Sebab jika kadarnya melebihi 30% justru akan menyebabkan kenari dilanda birahi dan sering berkicau. Hal ini tentu tidak baik karena akan mengakibatkan kenari banyak mengeluarkan energi.

Makan yang tepat untuk diberikan kepada kenari mabung adalah eggs food, karena makanan ini mengandung protein hanya sebesar 23%. Oleh karena itulah, eggs food digunakan sebagai sumber energi dan sumber dari biotin.

Makanan lainnya yang cocok sebagai pakan pada saat kenari mabung adalah Flaxfeed. Makan ini menyerupai biji bunga matahari, hanya bentuknya lebih kecil dan tersedia dalam 2 warna yaitu coklat dan kuning serta sedikit mengandung lemak.
Jangan lupa untuk tetap memberikan canary seed sebagai makanan utama bagi kenari mabung, dengan ketentuan bahwa canary seed yang diberikan adalah yang berkualitas, bukan yang standar. Selain itu perlu juga untuk memberikan makanan tambahan berupa sayur-sayuran seperti wortel, labu, brokoli, dan sayur-sayuran hijau lainnya.

4.Jangan dikerodong terus
Banyak yang mengatakan bahwa salah satu cara merawat kenari mabung agar cepat selesai dengan benar adalah dengan cara mengerodong kenari mabung. Hal ini benar, tapi jika kenari dikerodong terus menerus selama berhari-hari juga tidak baik. Oleh karena itu, perlu untuk membuka kerodong setiap hari selama 15-30 menit agar kenari bisa mendapatkan udara segar. Semoga bermanfaat.