Penyebab dan cara mengatasi diare pada anjing

Diare pada Anjing merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang anjing kesayangan Anda. Beberapa kasus diare pada anjing bukanlah masalah yang serius, karena bisa sembuh dengan perawatan yang tepat di rumah. Dengan mengambil tindakan yang tepat, Anda sendiri di rumah bisa mengatasi serangan diare dengan catatan diarenya tidak begitu parah serta tidak disertai dengan komplikasi penyakit lain maka anda bisa mengatasinya sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari dokter hewan. Hanya saja, terkadang diare yang dialami anjing Anda cukup serius sehingga membutuhkan perawatan dari dokter hewan.




Penyebab Anjing Diare
Banyak penyebab anjing diare diantaranya adalah infeksi virus seperti Parvovirus dan pengaruh makanan. Namun penyebab yang paling sering terjadi adalah pengaruh makanan. Anjing yang suka menggigit, seringkali membuatnya menggigit benda apapun yang disekitarnya termasuk benda kotor sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu ada kebiasaan dari beberapa jenis anjing yang menemukan makanan dari luar atau dari tempat sampah.

Gejala Diare
  • Feses menjadi sangat lembek hingga berbetuk cair, kadang disertai darah dan atau lendir
  • Tampak lesu dan lebih banyak berbaring, keadaan ini akan tambah parah jika terus dibiarkan
  • Sering buang air besar sama seperti manusia
Pertolongan pertama
  • Berikan air kelapa untuk membersihkan isi perut. Beberapa menit setelah minum air kelapa, anjing akan muntah dan sebagian racun di tubuhnya akan keluar.
  • Saat diare banyak cairan yang ikut terbuang. Kembalikan lagi cairan ke dalam tubuh anjing dengan memberikan cairan oralit, lakuk sedikit demi sedikit tapi sering. Atau campurkan sesendok gula pasir dengan sedikit garam dalam segelas air hangat. Suapkan dengan sendok.
  • Jangan beri makan dulu atau puasa selama 24 jam apabila hewan sudah usia dewasa. Namun jika masih anakan puasa cukup 12 jam saja.
  • Beri makanan yang netral dan tidak mengiritasi pencernaan, misalnya daging ayam rebus atau ikan tuna rebus yang diblender. Dapat juga diberikan kuning telur ayam rebus. Ada juga makanan jadi yang khusus untuk anjing diare yang dijual di pet shop.
  • Tempatkan hewan di tempat tersendiri dengan kondisi bersih, kering dan hangat.
  • Obat anti diare dapat juga diberikan seperti diarril, primacat, dll. untuk mendapatkannya silakan hub kami 082113975151 (WA)
  • Apabila dalam 24 jam setelah pertolongan pertama dilakukan, kondisi anjing tidak juga membaik, segera bawa ke dokter hewan. Mungkin diperlukan tindakan khusus yang lebih lanjut, seperti infus untuk mengembalikan cairan yang telah banyak keluar.
Demikian artikel cara mengatasi diare pada anjing semoga bermanfaat
Baca Juga:
Bagaimana cara mengatasi mencret (diare) pada Kucing
Kenali mencret (diare) pada kelinci dan cara mengatasinya