Tips Cara Memelihara Musang Pandan


Cara memelihara musang pandan ini ditujukan untuk pemula maupun mantanpert dalam pemeliraan musang. dan cara memelihara musang tertulis pun juga berbeda satu sama lainnya meskipun prinsipnya sama. di indonesia sendiri banyak sekali jenis-jenis musang, semenjak dari yang mudah ditemui dan yang susah atau jarang ditemui di habitatnya. hewan yang awalnya dikenal selsayakan hama karena sering memakan binatang ternak ini dulunya sering diburu untuk dibunuh maupun untuk dikonsumsi dagingnya.

Karakteristik musang
Karakteristik musang pandan umumnya sama saja atas-sama-sama musang lain, dan secara umum, karakteristik musang adalah selsayakan berikut:

1. Umumnya karnivora (pemakan daging)
Meski musang tercatat bisa memakan segalanya, namun di alam musang makin cenderung pemakan daging.

2. Nocturnal (aktif di malam hari)
Musang menghabiskan siang hari untuk tidur dan aktif semenjak di awal malam sampai penghujung malam. ada sebagian jenis musang yang tetap aktif di siang hari, namun kebanyakan musang cenderung tidur atau bermalas-malasan di siang hari.

3. Arboreal (banyak hidup di atas-sama-sama pohon)
Meski sering kita temui musang di tanah atau mungkin ditempatkan di dalam kandang, di habitat aslinya musang pandan banyak menghabiskan waktu di atas-sama-sama pohon.

Cara memelihara musang pandan
Ada banyak jenis musang yang dikenal di indonesia. namun yang banyak dipelihara selsayakan hewan peliharaan umumnya adalah jenis musang pandan.

Musang pandan yang bernama latin paradoxurus hermaphroditus adalah karnivora-mamalia yang banyak hidup di lingkungan semi-pemukiman dan pinggir hutan. musang pandan kerap diidentikan atas-sama-sama hama yang memakan hewan ternak, namun sebenarnya itu bukan sepenuhnya kesalahan musang. Akibat kurangnya makanan di hutan akibat pembalakan membuatkankan musang mau tiada mau harus masuk ke pemukiman manusia untuk mencari makan.

Jika sudah panjang, kuku musang juga harusnya dipotong. anda bisa membaca artikel tentang cara memotong kuku musang.

Musang hendaknya tiada terlalu kurus atau tiada terlalu gemuk. tiada jarang, musang yang mendapati obesitas akan mendapati sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagalnya kerja jantung. Jika kondisi musang anda terlalu kurus, anda bisa membaca artikel tentang bagaimana cara menggemukkan musang.

Jenis makanan Musang Pandan
Berikut adalah jenis makanan unggul untuk musang pandan peliharaan anda.

1. Makanan untuk bayi musang pandan (umur 0 sampai 2 bulan)
Musang pandan yang masih bayi sangat tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang masih pemula dalam memelihara musang. karena musang yang masih bayi sangat rentan cacat karena kurangnya gizi dan sangat rentan mati karena kedinginan. Cara memelihara musang yang masih bayi bisa dibaca di cara memelihara musang yang masih merem. makanan unggul untuk musang yang masih bayi adalah susu non laktosa, bubur bayi selsayakan makanan utama, dan sesekali diberi buah yang diblender. anda juga bisa menerimakan asupan makanan tambahan berupa suplemen makanan bagaikankan scott emulsion. bila si bayi musang belum bisa makan sendiri, maka mau tidak mau anda harus menerimakan makanan tertulis atas-sama-sama cara disepet (dimasukkan ke dalam mulutnya atas-sama-sama menggunakan pipet). Wajib anda perhatikan bahwa bayi musang sangat rentan cacat akibat kekurangan gizi. bayi musang sangat rentan kekurangan kalsium yang menyebabkan bayi musang menjelma lumpuh atau pincang. maka dari itu, selalu cukupi asupan setiap zat gizi untuk bayi musang anda, terutama asupan kalsium yang bisa dipenuhi atas-sama-sama menerimakan scott emulsion dan suplemen kalsium khusus kucing yang bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.

2. Makanan untuk anak musang pandan (umur 2 sampai 4 bulan)
Makanan unggul untuk musang berumur 2 sampai 4 bulan adalah makanan yang tinggi protein dan cukup serat. anda bisa menerimakan bubur bayi kental untuk anak musang yang baru belajar makan sendiri dan nasi campur kecap untuk anak musang yang sudah bisa makan sendiri. kepala ayam yang sudah di rebus juga bisa diberikan tiap seminggu sekali dan buah-buahan bagaikankan pisang dan pepaya bisa diberikan dua kali seminggu. asupan nutrdayaserap untuk anak musang pandan juga bisa dilengkapkan atas-sama-sama menerimakan suplemen vitamin bagaikankan scott emulsion dan asupan suplemen kalsium untuk kucing.

3. Makanan untuk musang pandan dewasa (umur 5 bulan keatas-sama-sama)
Secara garis besar, musang pandan adalah termasuk hewan omnivora. di habitat aslinya, hewan ini tiada melulu makan daging namun sesekali hewan inipun memakan buah-buahan matang. penulis sendiri makin memilih menerimakan buah-buahan selsayakan makanan utama (dari selasa sampai jumat) sambil sesekali diberi kepala ayam rebus (sabtu) dan nasi + kecap (minggu dan senin). atas-sama-sama pemberian diet yang terjadwal di atas-sama-sama, musang peliharaan penulis makin segar dan makin tahan penyakit.