Penyebab dan cara mengatasi Ikan Arwana menggigit ekor


Penyebab Ikan Arwana Menggigit ekornya:
Arwana yang menggigit ekornya merupakan reaksi ikan terhadap kehadiran parasit. Bila parasit menempel di ekor, arwana berusaha mengatasinya dengan menggigit bagian itu. Dakpaknya ekor menjadi robek. Yang parah bila gigitan itu merusak ekor hingga tinggal tulang-tulang siripnya saja. Kutu jarum atau anchor worm dan caplak merupakan parasit yang lazim menempel di ekor ikan, termasuk arwana.

Cara mengatasinya:
Cara mengatasinya sangat mudah. Pertama periksa teliti ekor arwana. Bila ditemukan parasit, cabut dengan pinset dan bakar parasit itu agar tidak berkembang biak. Selanjudnya, ganti 50% air akuarium termasuk bahan filter dengan yang baru supaya parasit yang mungkin tertinggal hilang. Lalu masukkan abate sesuai dosis pada kemasan, antibiotic, dan garam ke air aquarium. Cara lain masukkan ikan sumatera Puntius tetrazona ke dalam akuarium arwana sebagai predator atau inang baru kutu jarum. Kebiasaan menggigit ekor dengan sendirinya berhenti setelah arwana bebas dari parasit.

Cara menambah nafsu makan ikan Arwana:
Untuk menambah nafsu makan, tempatkan arwana di akuarium bebih besar. Gunakan juga filter berkapasitas besar sesuai ukuran akuarium. Berilah pompa kecil untuk menambah arus air dan aerator untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air. Ganti 50% air tiap dua hari dan berikan pakan hidup berukuran kecil seperti jangkrik dan kotak sawah.